Selasa, 11 Mei 2010

LOKASI KAMAR MESIN KAPAL PENUMPANG

LOKASI KAMAR MESIN KAPAL PENUMPANG

Perancangan kamar mesin seungguhnya tidak terlepas dari proses perancangan sebuah kapal, atau boleh dikatakan bahwa perancangan kamar mesin merupakan bagian dari proses perancangan kapal secara menyeluruh, dan merupakan bagian terpenting pada proses merancang kapal, terutama pada kapal penumpang yang memperhitungkan banyak pertimbangan.
Kapal penumpang merupakan kapal yang difungsikan sebagai alat transportasi yang memuat manusia. Sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang merupakan hal terpenting di dalam kapal ini. Salah satu faktor yang menentukan tingkat kenyamanan adalah penentuan lokasi kamar mesin, hal ini berkaitan dengan banyak akibat yang diapat ditimbulkan.

Pada umumnya lokasi kamar mesin penggerak kapal (main engine room) diletakkan pada bagian tengah kapal di sekitar midship, kamar mesin diletakkan di lokasi tersebut dengan pertimbangan kenyamanan penumpang, yaitu dapat meminimalisir terjadinya trim pada kapal.

Selain itu, pada umumnya kapal penumpang memiliki bangunan superstructure terbesar di tengah kapal, sehingga kemungkinan kecil ruangan di bawahnya dipakai sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Karena mengalami kesulitan dalam hal pemasangan cargo handling gear. Dan sangat tepat apabila difungsikan sebagai lokasi kamar mesin, dengan pertimbangan bahwa mesin sangat jarang dikeluarkan dari lambung kapal apabila tidak terjadi kerusakan yang parah.

Bagian tengah lambung kapal merupakan ruangan yang paling lebar di kapal, dan dimungkinkan untuk mendapatkan ruangan yang luas untuk pemasangan komponen yang rumit dan kompleks seperti mesin utama dan bantu, Kompartemen dengan bentuk kotak/persegi (rectangular) sangat cocok untuk hal tersebut. Berbeda dengan kapal lainnya seperti tanker dan bulk carrier yang memakai ruang mesin di bagian belakang kapal, pada bagian belakang terdapat banyak lekukan dan ruangan yang dipakai pun mengerucut ke arah belakang (terdapat stern tube)

Kamar mesin yang luas sangat menguntungkan baik dalam hal penataan posisi main dan auxiliary engine juga memudahkan acces masuk kamar mesin oleh mechanic mesin, anak buah kapal ataupun saat terdapat pemeriksaan dan perbaikan.
Salah satu konsekuansi dari lokasi kamar mesin di tengah adalah pemakaian poros propulsor yang lebih panjang, yang berakibat pada lebih besarnya daya mesin yang diperlukan kapal untuk mencapai kecepatan yang sama dibanding kapal yang memiliki ruang mesin di belakang. Di samping itu semakin panjang poros maka akan berakibat pada semakin besarnya getaran yang dapat ditimbulkan, sehingga diperlukan perancangan yang khusus dalam hal pemasangan bantalan proros propeller kapal penumpang.

untuk info sejenis : www.infokapal.ucoz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar