Minggu, 16 Januari 2011

TIMBER CARRIER (LOG CARRIER)

TIMBER CARRIER

Timber carrier merupakan kapal yang dispesifikasikan untuk mengangkut kayu.
Kapal Timer carrier memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut :
  1. Spesific volume besar sehingga muatan kayu perlu dimuatkan di dalam hingga diatas geladak kapal.
  2. muatan di atas geladak jumlanya ± 30 % dari volume muatan kayu seluruhnya
  3. muatan kayu diikat di atas geladak dan diikat kuat, dan dapat dianggap sebagai bangunan atas, sehingga dapat menambah daya apung cadangan. Dengan demikian akan mengurangi freeboard  dan sarat bisa lebih dalam 
  4. kamar mesin selalu di belakang
  5. selalu mempunyai forecastle dan poop selebar kapal, Alasannya adalah sebagai cadangan gaya apung sehingga freeboard kapal timber kecil 



Timber Carrier atau juga disebut log carrier– kapal satu deck yang dirancang untuk membawa kayu; umumnya mempunyai kapasitas: 5,000-20,000 t, kecepatan: 13-15 knot. Kapal pengangkut kayu (timber carrier atau log carrier) ialah kapal yang fungsinya mengangkut kayu baik berupa kayu balok, kayu papan ataukah kayu gelondongan.

Sebagian muatan kayu yang diangkut diletakkan di atas geladak dengan jumlah ± 1/3 dari seluruh muatan yang diangkut. Oleh karena itu konstruksi geladak harus cukup kuat untuk menahan muatan yang ada di geladak dan dilengkapai alat pengikatan. Kelebihan dari kapal pengangkut kayu adalah muatan yang diangkut di atas geladak akan menambah daya apung cadangan, sehingga lambung timbul kapal pengangkut kayu relatif lebih kecil dibandingkan kapal barang. Oleh karena itu dikatakan bahwa kapal pengangkut kayu dianggap mempunyai free board khusus. Dalam menentukan / meperbandingkan stabilitas harus dianggap muatan geladak yang diikat dengan kuat merupakan satu bagian dari badan kapal.

2 komentar:

  1. I will recommend anyone looking for Business loan to Le_Meridian they helped me with Four Million USD loan to startup my Quilting business and it's was fast When obtaining a loan from them it was surprising at how easy they were to work with. They can finance up to the amount of $500,000.000.00 (Five Hundred Million Dollars) in any region of the world as long as there 1.9% ROI can be guaranteed on the projects.The process was fast and secure. It was definitely a positive experience.Avoid scammers on here and contact Le_Meridian Funding Service On. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp...+ 19893943740. if you looking for business loan.

    BalasHapus
  2. untuk kpl log berapa mtr minimim ketinggian on deck

    BalasHapus