Merupakan Kapal BC yang memiliki spesifikasi mengangkut hasil tambang / bijih besi. Karena sangat berat, bijih besih hanya mengisi sebagian kecil dari volume ruang muat (menumpuk di bagian bawah), sehingga berat muatan terpusat pada bagian bawah kapal. Usaha menaikkan titik berat perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas kapal. Beberapa cara yang dilakukan adalah :
Memasang top side tank dan diisi dengan air ballast. sedangkan hopper side tank, mengurangi lebar alas ruang muat sehingga menyebab muatan mengunung ke atas sehingga titik berat kapal naik
memasang wing tank, tujuannya sama untuk mengurangi lebar ruang muat. Selain itu pemasangan wing tank dapat berfungsi untuk mengangkut minyak ketika kapal kembali ke dermaga awal. Sehingga lebih menguntugkan daripada saat kapal kembali dengan keadaan kosong. Kapal seperti ini disebut ore- carrier
Permasalahan yang terjadi pada kapal ore-oil carrier adalah bagaiman mengatur sekat memanjang sedemikian sehingga sarat kapal ketika mengangkut ore sama dengan sarat saat mengangkut minyak.
Spesific volume beberapa jenis muatan ore adalah :
1. chroom SV = 0.28 – 0.34 m3/ton
SV = 10 – 12 ft3/ton
2. besi SV = 0.34 – 0.51 m3/ton
SV = 12 – 18 ft3/ton
3 mangan SV = 0.51 – 0.7 m3/ton
SV = 18 – 25 ft3/ton
4. bauksit SV = 0.9 – 1.27 m3/ton
SV = 35 – 45 ft3/ton
Spesific volume merukan pangkat negatif satu dari masa jenis muatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar